Kelebihan Dan Kekurangan Mata Uang Digital (Cryptocurrency) - IT smurf

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.

Post Top Ad

Kelebihan Dan Kekurangan Mata Uang Digital (Cryptocurrency)

Share This

Portal uang dunia digital mulai beredar sejak tahun 2009, terciptanya Bitcoin ditahun 2009 mengembangkan mata uang digital lainnya menjadi terkenal dan populer pada saat tahun itu.

Contohnya Dogecoin(DOGE), Litecoin(LTC), Stellar(STR), Ethereum(ETH), dan masih banyak yang lainnya
 
Mungkin pada saat ini jika mendengar kata mata uang digital lumrah rasanya, tetapi untuk kalangan yang belom mengenal ,lebih baik simak dan baca artikel ini yah. 

Keuntungan MataUangDigital

1.       Cepat dan hemat biaya 


Bisa dikatakan dengan adanya mata uang digital ini , proses pengiriman uang akan jauh lebih cepat karena terintegrasi komputer diseluruh dunia melalu internet. Dengan waktu  1 detik uang akan terkirim, dan dapat di ambil dihari yang sama . Jadi ini bisa untuk alternatif yang baik untuk pengiriman uang para TKI/ mereka yang bekerja diluar negeri untuk keluarga tercinta di indonesia karena tidak dipungut biaya besar untuk penerima ataupun pengirim, bisa dikatakan biaya pengiriman kurang dari 1 rupiah. Transfer
instan secara peer to peer.

2.       Tidak Terikat Negara 


Mata uang digital ini tidak terikat negara manapun  . Tidak ada lembaga/pemerintahan terpusat yang mencetak uang digital ini. melainkan uang digital dicetak oleh para pengguna yang menggunakannya untuk kebutuhan transaksi contohnya pengiriman uang , pembelanjaan,trading,dll . Jadi berbeda dengan uang nyata yang diawasi langsung oleh negara yang mana kursnya mempengaruhi nilai jual beli dinegara lain.

Kekurangan MataUangDigital


1.       Transaksi bersifat irreversible


Transaksi  ini berarti sekali ditransfer maka tidak bisa dibatalkan , mata uang yang terkirim akan diberikan ke tangan orang lain tidak akan bisa diambil kembali atau dibekukan , kecuali yang tersebut bersedia mengembalikan uang digital itu.


2.       Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous


Semua transaksi yang pernah dilakulakan bisa dilihat , namun kita tidak bisa mendeteksi siapa dan dimana alamat yang memiliki sebuah akun mata uang digital itu.

3.       Jumlahnya terbatas


Dengan jumlah mata uang digital yang terbatas dikeluarkan, maka mata uang akan cenderung naik, tetapi tidak memungkinkan untuk turun juga.


4.       Naik-Turun Tidak Diketahui

 Naik turunnya sebuah mata uang digital akan sulit diprediksi, maka untuk lebih baiknya hanya digunakan untuk transaksi cepat/ kilat. 

Demikian Penjelasan singkat tentang Kelebihan Dan Kekurangan Mata Uang Digital (Cryptocurrency)  ini semoga bisa menambah wawasan kita semua 


Sumber Gambar :
https://www.bitcoin.co.id/

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad