Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting - IT smurf

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.

Post Top Ad

Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting

Share This
Penjelasan Lengkap Web Server dan Server Side Scripting - Hai kembali lagi bersama saya penggemar dunia IT disini saya akan menjelaskan secara lengkap apa itu Web Server dan Server Side Scripting dalam artikel ini saya akan membahas yang mungkin berguna bagi kalian yang ingin membuild website sendiri. Dan tentu dengan penjelasan ini kalian bisa mengerti seluk beluk Web Server dan Server Side Scripting.

Dalam artikel Penjelasan Lengkap Web Server dan Server Side Scripting ini saya akan menjelaskan apa itu Web server terlebih dahulu dengan jelas tentu nya.

Penjelasan Lengkap Web Server
  • Apa itu Web Server ?

Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Singkat nya dalam Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting ini Web Server adalah sebuah wadah yang menampung website berbasis HTTP maupun HTTPS dengan mengirim response dalam output dokumen HTML.

Web Server ini ada dua jenis bisa kalian lihat dibawah ini adalah gambar rangkaian dari dua jenis Web Server tersebut
  • Standar Web Architecture


Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting

Pada standard web architecture terdapat Web server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) dan mengirimkan perimntaan (response) melalui HTTP atau HTTPS dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Nah gambar diatas adalah contoh dari sebuah Web Server yang berbentuk standar atau bisa dibilang Standar Web Architecture
  • Dynamic Web Architecture

Dynamic Web Architecture

Berbeda dengan Standard Web Architecture  dalam Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting, selain terdapat web server di dalam arsitektur terdapat suatu gateway yang bernama Server Side Scripting  yang merupakan sebuah teknologi scripting atau pemrograman web dimana script (program) dikompilasi atau diterjemahkan di server. Dengan adanya teknologi ini, memungkinkan untuk mengahasilakn halaman web yang dinamis.

Singkat nya dengan Dynamic Web Architecture ini bisa membuat tampilan website lebih dinamis dengan adanya database di dalam nya, tentu ini merupakan nilai plus dari Dynamic Web Architecture.

Dalam Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting juga akan memberikan contoh Web Server yang banyak digunakan oleh orang.

Beberapa Web Server yang banyak digunakan di internet antara lain :

1. Apache Web Server (http://www.apache.org)
2. Internet Information Service, IIS (http://www.microsoft.com/iis)
3. Xitami Web Server (http://www.xitami.com)
4. Sun Java System Web Server (http://www.sun.com/software/products/web_srvr/home_web_srvr.xml)

Penjelasan Lengkap Server Side Scripting
  • Apa itu Server Side Scripting ?

Server-side scripting biasanya digunakan untuk menyediakan antarmuka ke client dan membatasi client untuk mengakses database, atau sumber informasi yang sifatnya rahasia. Script ini dapat menyesuaikan respon berdasarkan karakteristik, kebutuhan pengguna, hak akses, dan lainnya. Selain itu, server-side scripting juga memungkinkan pengelola server untuk membatasi akses ke source code dari script yang dijalankan. 

Karena proses pengolahan informasi data berlangsung di sisi server, maka metode server-side scripting banyak digunakan dalam pemrograman web yang memungkinkan server dapat menghasilkan halaman web dinamis.

Contoh bahasa scripting server-side yang banyak digunakan dalam pemrograman web diantaranya adalah ASP, PHP, Phyton, Perl, Java Server Pages, dan Cold Fusion. Dengan kemampuan dalam menghasilkan halaman web dinamis, tentu saja memungkinkan sebuah website dapat menjadi lebih interaktif.

Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting kali ini juga akan meyampaikan keistimewaan bahasa PHP untuk website dan tentu bisa menambah wawasan kita semua.

Keistimewaan PHP
1. Cepat
2. Free
3. Mudah dipelajari
4. Multi-platform
5. Dukungan technical-support
6. Banyaknya komunitas PHP
7. Aman

Demikian Artikel tentang Penjelasan Lengkap Web Server Dan Server Side Scripting tentu nya semoga artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua tentang Web Server Dan Server Side Scripting termasuk dunia teknologi, dan saya berharap dengan berbagi ilmu teknologi ini kita semua bisa dan dapat memahami dunia teknologi tidak hanya dari luar nya saja tetapi sampai ke akar nya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad