Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web - IT smurf

IT smurf adalah sebuah penyedia informasi terlengkap dalam hal IT,E-business, dan Game.

Post Top Ad

Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web

Share This
Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web
Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web - Teknologi cloud storage semakin tak asing bagi masyarakat untuk mengetahui teknologi Seiring dengan berkembang pesat dunia pada era digital cloud storage.

Kali ini IT smurf akan membahas tentang Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web secara rinci dan juga banyak yang kalian harus ketahui tentang Could Storage ini, beberapa aplikasi seperti Google Drive, Dropbox, dan Mediafire bermunculan dengan menawarkan kelebihannya masing–masing. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi – aplikasi tersebut adalah kemudahan dalam melakukan upload dan download file, melakukan penyimpanan data secara otomatis pada drive setelah terjadi perubahan pada file, dan kemudahan untuk mengakses file dari device yan berbeda.

Aplikasi – aplikasi tersebut juga menawarkan kuota yang sesuai dengan harga yang dibayar oleh pengguna, mulai dari beberapa GB saja untuk penggguna gratis hingga kuota tak terbatas untuk pengguna yang membayar lebih. Cloud Storage juga menawarkan fasilitasnya kepada berbagai macam instansi sebagai solusi untuk penyimpanan data mulai dari data operasional milik instansi hingga data personal milik pegawai.

Server yang digunakan cloud storage ini juga merupakan server publik, sehingga apapun yang dishare atau ditaruh di dalam server publik tersebut secara otomatis lebih mudah untuk diakses oleh pihak – pihak lain.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan private cloud storage dengan aplikasi cloud storage Owncloud, yang bersifat open source, untuk menyimpan data – data operasional dan program studi Tenik Informatika. Private cloud storage ini juga akan memiliki enkripsi yang akan digunakan sebagai prosedur keamanan untuk melindungi file – file yang ada di dalamnya. Private cloud storage ini juga akan memiliki fitur Group Sharing, untuk membagi file dengan user – user group tertentu tanpa harus men-invite satu per satu anggota lagi.
 

     1. Konfigurasi Owncloud Server

Sebelum dapat digunakan, setelah proses instalasi selesai user akan diminta untuk mengisi sebuah form data. Isi semua form seperti Username, Password, Data Folder, Database User, Database Password, Database Name, dan Database Host. Lalu pilih Next untuk melanjutkan.
 
Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web

     2. Halaman Login


Halaman login dibuka sebagai halaman utama di dalam server. Di sini user wajib untuk menginputkan username dan passwordnya sebelum melakukan login. Jika telah memasukkannya, maka user menekan tombol login. Jika user ingin untuk otomatis ter-login pada saat membuka halaman web kembali, user hanya perlu untuk mencentang tombol stay logged in pada saat masuk.
 
Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web

     3. Tampilan Halaman Utama Server

Pada Halaman utama ini, user dapat melihat file – file yang dimiliki oleh user. User juga dapat mengakses beberapa menu yang berada di samping kiri dan juga pada bagian navigasi di paling atas halaman.

     4. Konfigurasi OwnCloud Client

Agar client dapat mengakses data yang ada di server, maka perlu dilakukan beberapa konfigurasi. Berikut langkah – langkahnya :

Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web
 
1.    Masukkan alamat IP server, lalu pilih Next
2.    Bila berhasil maka akan muncul tampilan terkoneksi. Lalu pilih Finish

     5. Pengujian Manajemen User

Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web

Akun user yang digunakan hanya dapat dibuat dan dihapus oleh admin dari komputer server. Untuk membuat akun user, pada web admin cukup memasukkan username, password dan grup. Untuk mengujinya maka dilakukan pembuatan akun seperti gambar di atas.

      6. Pengujian Upload File

Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa proses upload telah berhasil. Pada menu notifikasi muncul pemberitahuan bila proses upload berhasil.

     7. Pengujian Sharing File

Setelah proses upload file berhasil, file tersebut dapat langsung di sharing ke semua user atau user tertentu saja. Proses sharing file ini cukup mudah karena saat kita mengarahkan kursor diatas file yang akan di share maka muncul pilihan share. Bila di click maka akan tampil pilihan lagi apakah file akan di share ke semua user atau user. 

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian diatas private cloud dapat mempermudah user dalam mengakses data kapanpun dan dimanapun serta menyediakan media penyimpanan data yang lebih besar dan aman

Saran

Penambahan fitur bagi administrator agar bisa mengedit user dan group pada aplikasi mobile. Untuk perancangan data storage server diwaktu yang akan datang diharapkan dapat lebih baik dan dapat memanfaatkan fitur – fitur yang ada pada ownCloud.
.
Sekian penjelasan dan penelitian singkat dari IT smurf tentang  Pemanfaatan Private Cloud Storage Menggunakan Owncloud Berbasis Web semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam memperdalam ilmu cloud storage dan juga memahami fungsi dan tujuan dari Private Cloud Storage.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad